Rabu, 09 November 2011

ikan mas koki ''teman penghilang stres'' part I

sejak sekitar 6 bulan lalu, saya memelihara ikan mas koki di kamar kos.
hmm, alasan kenapa saya dan saran untuk kamu untuk memilih ikan koki sebagai teman...

satu# ikan itu lucu banget, liat aja dari gerakan mulutnya, cara dia berenang dan tampaknya dia gak pernah tidur (haha,gimana mau tidur, kelopak mata aja dia gak punya)
coba deh cek disini kalo gak percaya :p

dua# kalo piara ikan, otomatis kan butuh yang namanya akuarium dain air, di sini nih asiknya, kamu bisa explore berbagai macam bentuk akuarium yang kamu suka dan pengenin. Kamu bisa cari di toko2 ikan gitu atau pesen, ada yang bentuk bulat ada yang persegi panjang, macem2 deh :D. Selain itu, ada suara gemericik air nya kan, ini nih yang bisa jadi penghilang stres juga, sejuuk kan jadinya kamar kosan kita yang kecil mungil ini.

tiga# kenapa ikan?? sebenernya itu tergantung temen2 pengennya, bisa juga hamster, kucing, kura-kura dkk. Tapi, kalo menurut saya sih ikan kan gak bau dan makanannya murah plus gampang.

empat# tau sendiri kan kalo kamar kos itu biasanya kecil mungil dan bersahaja (bbeh) kalo kita piara ikan itu gak terlalu butuh space yang besar, jadi hemat tempat alias gak mengurangin ruang bebas kita. Bisa aja kita taruh di meja belajar, atau kita taruh di kursi yang pendek gitu, suka2 aja deh, taruh di lantai juga boleh.

lima# dan yang paling penting, piara ikan itu gak perlu biaya yang mahal alias pas lah untuk kantong mahasiswa, hehe.

Ini dari pengalaman saya sendiri yaa..
saya beli akuarium ukuran 20x30x15 cm (kalo punya saya sih, bentuk balok yang berdiri gitu) 40ribu
pompa+filter kecil (1 alat)+kassa 45ribu
ikan koki jambul 8ribu
ikan koki mutiara 10ribu
makanan 3ribu
ini udah siap pakai, kalo mau ditambah mainan2 lain juga bisa, kayak batu2an, pohon2an, kincir air. Tapi kalo space nya sempit sih mending yang simpel aja
dan perawatan untuk beriku2nya gak butuh biaya yang besar, untuk makanan ini punya saya baru habis sekitar 3bulan
kassa bisa diganti 1-2bulan sekali, bisa milih ada yang 3ribuan atau 8ribuan

tapi kok kayaknya saya cuman cerita enak2nya aja ya, tetep lah ada gak enaknya
saya ceritain di part II yaaa :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar