Sabtu, 12 November 2011

ikan mas koki ''teman penghilang stres'' part II

Nah, mau ngelanjutin cerita kemarin yang sempat tertunda..
Kemarin kan baru cerita enak2 nya aja kan piara ikan koki, nah berdasar pengalaman saya sebenernya ada beberapa gak enaknya
Gini nih ceritanya..
satu# ikan mas koki itu ikan yang manja,  kenapa begitu?? ikan koki ini paling gak tahan dengan air yang kotor dan gak ada pertukaran udara. Jadi, kita harus rajin2 yang namanya menguras akuarium. Tapi, sebenernya tergantung akuarium nya sih, kalo punya saya kan kecil jadi lebih cepet kotor (paling sih tahannya 2-4minggu) kalo yang di rumah saya itu gede, dan bisa tahan lama (ngurasnya itu 3-4 bulan mungkin, itupun kalo pengen dan mau,hehe). Makanya biar gak cepet kotor dan ada pertukaran udara, perlu banget yang nama nya filter dan pompa oiya kassa juga perlu banget.

dua# selain manja, si ikan-ikan koki ini juga sedikit agak kurang pandai, hehe, kenapa? si ikan2 ini itu kalo kita kasih makan, bakalan dia abisin semua entah banyak atau dikit. Jadi, dia gak bisa ngukur seberapa tingkat kebutuhan makan mereka. Dari pengalaman saya dan cerita2 orang emang bener, abis dikasih makan banyak, badannya terbalik dia ga bisa berenang dan exactly dia pun akan mati T.T
Jadi, kita lah yang harus mengontrol makannya.
Selain itu juga kalo makannya terlalu banyak, bisa bikin air cepet keruh.

tiga# ikan mas koki itu juga baik hati dan penyabar (loh??) karena sifatnya ini malah justru membuat mereka tersiksa sendiri. Kenapa? jangan sekali-kali menggabung ikan koki denga ikan jenis lain apalagi yang predator atau galak, dia bakalan diem dan responnya biasa aja ketika badannya diserang ikan lain. Pengalaman saya, dulu kulitnya merah luka gitu gara2 saya menggabungkan ikan kecil yang galak ternyata, padahal yang galak ini cuman satu dan kecil. Parah kan..

empat# mungkin karena badannya yang gendut atau sifat manja nya, ikan koki itu paling gak bisa yang namanya hidup di lingkungan yang sempit, mereka butuh space yang besar untuk bergerak. Setelah saya amati, ikan2 pertama saya dulu mati kemungkinan gara2 itu, soalnya saya isi 3 ikan dan akhirnya pun yang 2 mati, tapi setelah saya isi 2 dapat bertahan lama kok..

Kayaknya cuman itu deh gak enaknya, tapi kalo udah sama2 ngerti sih udah enak. Udah bukan jadi masalah lagi. Terbukti sekarang, saya gak pernah ngerasain gak enaknya malah justru asik2 aja :)
SELAMAT MENCOBA buat temen2 yang pengen piara ikan koki, dijamin gak rugi deh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar